“Monumen Trunojoyo “Adalah Salah Satu Objek Wisata Di Kota Sampang

Image result for objek wisata pulau madura
Pulau Madura bentuknya seakan mirip badan Sapi, terdiri dari empat Kabupaten, yaitu : Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Madura, Pulau dengan sejarahnya yang panjang, tercermin dari budaya dan keseniannya dengan pengaruh islamnya yang kuat.

Sampang adalah sebuah kabupaten di Madura yang ada di sebelah utara bagian timur dari pulau Jawa.
Sejarah kuno Sampang hanya dikenal dari beberapa prasasti dengan Sangkala candra. Dalam tradisi Jawa, adalah suatu representasi visual yang berbunyi hukuman empat kata yang masing-masing menghasilkan angka. Ini memberikan makna tanggal secara penanggalan Saka.
Disampang terdapat satu monumen trunojoyo yang sering dijadikan tempat wisata dan bersantai

Kabupaten Sampang cukup memberikan peranan objek wisata bagi para wisatawan yang akan datang berkunjung ke Pulau Madura ini.
Salah satunya adalah Monumen Trunojoyo Sampang ini, memiliki bangunan yang menjulang tinggi yang terbuat dari logam berwarna kuning pekat. Disekitar berdirinya bangunan monumen terdapat taman kota yang berukuran tidak terlalu lebar. Karena letaknya yang dikelilingi oleh taman kota,
bangunan ini belum di ketahui kapan berdirinya tapi satu yang pasti monumen ini di didirikan agar kita bisa mengenang sejarah trunojoyo di kota sampang
Monumen Sampang ini terletak tepat di pusat kota. Letak geografisnya dianggap sebagai titik nol dari Kabupaten yang berada di sebelah timur Kabupaten Bangkalan ini.

 

Image result for monumen trunojoyo di sampang

Banyak masyarakat yang menghabiskan waktu bersantai mereka disana, ditambah lagi dengan fasilitas umum yang memang sudah disediakan. Seperti taman bermain, jaringan internet (WiFi), ponten umum yang khusus dibuka selama 24 jam, penjual makanan dan yang paling menarik adalah tempat bermain untuk anak-anak.
Disore hari, di sisi barat Monumen Sampang ditempati area bermain untuk anak-anak dan tempat berjualan makanan kecil. Merupakan tempat pilihan bersantai bagi orang tua yang membawa anak-anaknya.
Disekitar Monumen Sampang terdapat beberapa lokasi yang perlu diketahui bagi orang yang mengunjungi kota Sampang, disebelah timur bagian utara terdapat Kantor Pos dan Kantor Telkom, bagian selatan terdapat Pegadaian Cabang Sampang. Sebelah barat terdapat warung kaldu “Setuju” dan swalayan milik swasta.

Dibulan ramadhan  Monumen Trunojoyo Sampang ramai dari aktifitas warga untuk ngabuburit, selain lokasi yang terjangkau, juga banyaknya pedagang minuman atau makanan berbuka puasa. Bahkan lokasi ini juga banyak tersedia berbagai arena permainan anak.

Jika kalian pergi ke madura jangan lupa mampir ke tempat ini walau hanya sekedar bersantai dan menikmati suasana kota sampang , terimakasih sudah membaca artikel ini , semoga bermanfaat..

Sumber : Pulaumadura//sumber lainnya

(Visited 142 times, 3 visits today)

Your email address will not be published. Required fields are marked *