Ditemukannya Goa Batu Akik Di Pamekasan MADURA

Judul Artikel : Ditemukannya Goa batu Akik Di Madura

Warga Dusun Rojing, Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dibuat heboh dengan penemuan gua penuh batu berkilau saat menggali sumur.

Menurut Kepala Desa Blaban, Sukriyanto, penemuan gua di kedalaman tujuh meter tersebut berawal saat warga menggali sumur di halaman rumah milik Sati. “Warga sempat ketakutan saat mengetahui ada gua di dalam sumur. Sehingga penggalian sempat dihentikan,” terang Sukriyanto kepada wartawan, Kamis (5/3/2015).

Setelah berembuk dengan masyarakat, warga kemudian melanjutkan penggalian dan pelebaran sumur sehingga gua tersebut semakin indah dengan dinding dipenuhi batu berkilau. “Suasana di dalam gua adem, dan hamparan tebingnya sangat indah,” imbuhnya.

idak pernah disangka oleh para pekerja penggali sumur di Dusun Rojing, Desa Blabar, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan, Madura pada Selasa pekan silam. Ceritanya, saat itu, beberapa orang pekerja sedang menggali sumur untuk kebutuhan air minum mereka. Namun pada kedalaman kurang lebih 7 meter, para penggali sumur menemukan lubang besar berdiameter 50 meter persegi dan pada dinding lubang itu penuh dengan bongkahan bahan batu akik.

Seketika itu warga pemilik sumur itu terkejut dan langsung melaporkan penemuan itu ke Kepala Desa, yang kemudian langsung membuat gempar warga dusun setempat. Tak tinggal diam, Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan (Disporabud) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, segera datang ke lokasi untuk meneliti potensi gua batu akik yang ditemukan warga tersebut.

Dusun Rojing kini menjadi sasaran bagi para penggila batu akik yang ingin mengetahui kebenaran cerita tersebut. Kini lokasi gua batu akik itu sudah dijaga petugas dari Polsek setempat guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Di dalam goa memang banyak batu-batu unik berbentuk lonjong-lonjong dari bagian atap goa dan dasar goa. Ujung batu di bagian atap meneteskan air hingga membuat suasana di dalam goa terasa sejuk,

Selain warga, beberapa pejabat juga berdatangan ke lokasi penemuan goa tersebut, di antaranya anggota Komisi VI DPR RI, Kholilurrahman; Ketua DPRD Pamekasan, Halili; serta beberapa anggota DPRD Pamekasan

Semoga saja penemuan gua batu mulia ini akan semakin menambah kekayaan potensi bangsa Indonesia. Dan semoga gua batu akik yang menakjubkan ini bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar.

Demikianlah ulasan singkat kita tentang pemuan gua batu akik, ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita di bidang batu akik dan membuat batu akik Indonesia semakin jaya.

Sumber : Berbagai Sumber

(Visited 342 times, 1 visits today)

Your email address will not be published. Required fields are marked *