Kuliner Terkenal Khas Madura, Kaldu Kokot Wajib Anda Coba

Judul Artikel : Wajib Mencicipi Nikmatnya Kaldu Kokot Khas Sumenep

Madura diam-diam menyimpan wisata kuliner yang lezat dan istimewa selain sate ayam dan soto Madura nya yang terkenal. Masakan khas Madura, tepatnya Sumenep ini mempunyai daya tarik sendiri dengan jenisnya yang berkuah.

Setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang menjadi ikon di daerah tersebut, begitu pun di Sumenep. Salah satu kuliner yang khas dan terkenal di Sumenep adalah kaldu kokot. Apa itu kaldu kokot? Kaldu kokot adalah makanan yang tidak jauh beda dengan bubur kacang hijau. Namun keduanya berbeda meski dibuat dari bahan dasar yang sama yaitu kacang hijau. Kalau bubur kacang hijau rasanya manis, nah, kalau kaldu kokot rasanya sedap. Bagi Anda yang sedang lapar dan mencari makanan enak, maka tidak salah jika memilih kaldu kokot, sebab makanan ini mengenyangkan.

Kalau Anda sedang jalan-jalan ke Sumenep, belum lengkap rasanya perjalanan Anda kalau tidak mencicipi kuliner khas Sumenep ini. Selain rasanya yang nikmat, harganya juga cukup terjangkau dan bisa membuat Anda kenyang. Nah, kalau Anda sudah memasuki Sumenep kota, maka untuk mendapatkan makanan ini, Anda harus menuju ke museum keraton Sumenep. Di belakang museum inilah terdapat kedai kaldu kokot.

Di sana, hidangan yang akan Anda dapatkan adalah sepiring kaldu kokot, sepiring lontong, sepiring singkong goreng, dan sepiring kacang tanah yang sudah dihaluskan. Karena semua komposisinya tidak disatu-padukan, maka Anda bebas memilih komposisi makanan apa yang mau dinikmati. Mau kaldu kokot dengan singkong goreng atau lontong, ya terserah. Sesuai selera masing-masing orang. Bagaimana soal rasanya? Hmm.. tentu tak perlu diragukan. Pasti akan menggoyang lidah. Apalagi jika ditambah dengan sedikit cabe dan kecap. Anda mungkin tidak ingin segera beranjak dari kedai tersebut.

Selain di Sumenep kota, ada juga kedai kaldu kokot yang tak kalah nikmatnya, yaitu di daerah Kalianget. Di sana menu kaldu kokot tidak jauh berbeda dengan yang ada di Sumenep kota. Hanya saja, semua bahan atau komposisi dari makanan ini disatukan, mulai dari kaldu kokot, lontong, singkong goreng dan kacang tanah. Anda bisa merasakan semua bahan dalam satu piring yang dihidangkan.

Nah, bagi yang masih penasaran seperti apa rasa kuliner khas Sumenep, segeralah bergegas ke lokasi sebagaimana yang disebutkan di atas.

Jadi jika anda ada rencana untuk berwisata ke Sumenep, berfoto-foto dan menikmati eksotisnya pulau madura. Setelah itu anda wajib mencicipi kaldu kokot ini.
Sumber : emadura.com””

(Visited 330 times, 1 visits today)

Your email address will not be published. Required fields are marked *