Mencicipi Nikmat nya Kuliner Ikan Bakar Di Kota Bangkalan

Pusat Makanan Rakyat Bangkalan – Seperti halnya di tempat lain, Madura pun memiliki sebuah tempat pusat jajanan yang selalu menjadi tujuan dan daya tarik bagi setiap wisatawan yang datang. Pusat makanan rakyat atau yang lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama “PUMARA” ini merupakan pusatnya para pedagang kaki lima untuk menjual berbagai macam masakan khas Madura.

Lokasi Dan Transportasi

Bukanlah hal yang sulit untuk mencari letak pusat makanan rakyat Bangkalan ini karena lokasinya yang berada tepat di tengah kota Bangkalan, persisnya terletak di dekat alun-alun Kota. Karena lokasinya yang strategis maka tidak pula sulit untuk mencari transportasi umum yang menuju kesini.

Anda bisa naik angkot yang banyak tersedia di Kota, ongkosnya pun tidak begitu mahal, hanya dengan membayar Rp 3.000*) anda sudah bisa tiba di lokasi pusat makanan rakyat Bangkalan ini. Alternatif lain anda bisa naik ojek, untuk ongkosnya akan ditentukan dari jauhnya jarak yang di tempuh, jadi anda dapat tawar-menawar harga terlebih dahulu sebelum naik ojek tersebut.

Jika anda berencana untuk berkeliling ke tempat wisata lainnya dahulu sebelum berwisata kuliner di PUMARA maka pilihan yang baik adalah dengan menyewa kendaraan, apalagi jika anda datang berombongan, tentunya tidak ingin direpotkan dengan masalah transportasi bukan ?. Di Kota Bangkalan banyak tersedia jasa penyewaan mobil yang bisa anda gunakan.

Harga sewanya bermacam-macam, tergantung dari jenis mobil yang akan anda sewa. Rata-rata jenis mobilnya seperti APV, Avanza, Xenia dan Innova. Tarifnya dimulai dari harga Rp 500.000*) – Rp 600.000*) per harinya dengan waktu pemakaian selama 12 jam. Harga tersebut biasanya sudah termasuk dengan sopir dan bahan bakar untuk dalam Kota, jadi anda tidak perlu bingung lagi mencari rute jalan karena sopir yang membawa mobil sudah sangat paham dengan jalur yang akan dilewati menuju lokasi wisata.

Wisata

Pusat makanan rakyat di Bangkalan merupakan tempat semua pedagang kaki lima menjajahkan masakannya. Saking banyaknya anda pun akan menemukan beberapa pedagang yang berjualan di atas trotoar sekitar PUMARA. Jadi dapat anda bayangkan sendiri bagaimana keramaian yang ada disana.

Apalagi keberadaannya yang sangat strategis, membuat pengunjung banyak yang datang. Tidak hanya masyarakat sekitar bahkan wisatawan yang berkunjung ke Madura pun sering kali menyempatkan diri untuk berwisata kuliner disini.

Ada banyak jenis makanan dan minuman yang dijual di PUMARA, dapat dikatakan makanan disini sangat lengkap dan komplit. Anda dapat memilih menu yang diinginkan seperti misalnya nasi goreng, gado-gado, ayam goreng, soto dan sate ayam khas Madura yang sudah sangat terkenal itu. Beberapa jajanan pun turut dihidangkan seperti martabak, roti, kue, tahu isi dan beberapa jenis jajanan lainnya.

Nah 1 lagi yang gak boleh ketinggalan ” Warung Matus ” inilah tempat favorit ane kalau lg stress dan lg laper.
tempatnya masih di kota bangkalan
hanya bedanya,warung ini terletak di tempat yg agak jauh dari kota.
gunakan “S7.045450 – E112.681600″ pada GPS agan yg punya GPS supaya gak nyasar.
harganya cukup terjangkau,ane rasa masih dalam batas kewajaran.
justru agan akan merasakan keuntungannya setelah selesai menikmati nikmatnya kepiting asam manis khas depot ini.
rasa puas,nikmat,kenyang,lega,dll
siapkan uang max.50rb per orang.
dijamin gak bakalan kurang deh..
asalkan agan cuma pesan 1 menu untuk 1 orang.

Tak hanya terkenal dengan kuliner bebeknya, Madura juga memiliki aneka kuliner yang wajib dicoba. Salah satu warung makan yang recommended buat dicoba adalah warung Matus yang berada di jalan Raya Ujung Piring kota Bangkalan, sekitar 100 meter dari dok kapal. Untuk menuju lokasinya bisa ditempuh dari dua arah, yaitu dari Socah (Kamal) atau dari Bangkalan, tingal tergantung selera saja. Jika dari Bangkalan Anda akan melewati Bebek Sinjay, Nasi Petis Warung Amboina dan Pusat oleh-oleh Nusa Indah terlebih dahulu. Warung ini dinamai warung Matus sesuai dengan nama asli pemiliknya, yaitu Ibu Matus.

Begitu ikan dorang bakar tersaji di atas meja, tak sabar Saya segera mencobanya. Ikan dorang yang dibelah dua telah matang dengan bumbu bakaran yang manis, disajikan dengan sambal pencit dan kecap yang diberi irisan bawang putih goreng garing. Wow ikannya memang sungguh segar, karena daging ikannya terasa manis. Walaupun tidak dibakar kering (masih seperti 3/4 matang) tapi tidak sedikitpun tercium rasa amis ikan. Inilah yang membuktikan bahwa ikan yang disajikan disini adalah ikan segar dengan kualitas baik. Tambahkan sambal pencit dan kecap agar rasanya semakin rame, nyam… Sambal pencitnya cukup terasa mengigit di lidah, pedas, asam dan tentu saja menambah selera makan. Istimewa sekali makan siang Saya kali ini, untuk penawar rasa pedasnya cicipi juga kelapa mudanya yang cukup segar.

 

(Visited 1,433 times, 1 visits today)

Your email address will not be published. Required fields are marked *