Mempertahankan Tradisi Malam Lebaran Masyarakat Gelar Pawai Takbir Keliling

Judul Artikel : Kegembiraan Menyambut Hari Kemenangan 🙂

Muslim di Kabupaten Sampang tetap mempertahankan tradisi menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan mengadakan pawai dan takbir keliling. Kegiatan tersebut diikuti oleh warga Kota Bahari dan sangat meriah. Terlebih, Lebaran tahun ini serentak di seluruh Indonesia.

Peserta pawai dan takbir keliling berjalan kaki dari depan Pendapa Sampang menuju Monumen Sampang. Beraneka dekorasi dibawa para peserta untuk menyemarakkan pelaksanaan takbir Lebaran. Para peserta juga dibolehkan membawa alat musik untuk mengiringi alunan takbir.

Musyfiq, salah seorang peserta pawai dan takbir keliling dari Kelurahan Gunung Sekar, Kota Sampang, mengaku bangga bisa ikut meramaikan gema takbir di malam Lebaran. Terlebih, pawai dan takbir keliling tersebut memang ditunggu-tunggu oleh warga untuk menyambut perayaan Lebaran. Terutama warga perantau yang kangen suasana malam takbiran di kampung halamannya.

”Ini rutin dilakukan setiap tahun. Tapi tahun ini lebih meriah. Mungkin karena penentuan hari rayanya bersamaan di seluruh Indonesia, sehingga semua warga muslim yang ada di Sampang kompak untuk meramaikan takbir keliling,” papar Musyfiq, kemarin (29/7).

Kegiatan takbir keliling itu dihadiri oleh jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Sampang. Bupati Sampang KA. Fannan Hasib beserta Wakil Bupati Fadhilah Budiono juga hadir pada pelepasan peserta takbir.

Bupati Fannan mengungkapkan, kegiatan itu sebagai wujud syukur atas nikmat Allah. ”Setelah menjalankan ibadah puasa kemudian tiba pada hari kemenangan. Mari kita bertakbir sebagai syukur kepada Allah,” ajaknya.

Sumber : http://radarmadura.co.id…

(Visited 106 times, 1 visits today)

Your email address will not be published. Required fields are marked *