” PUMARA ” Pusat Makanan Rakyat Bangkalan

 
Kabupaten Bangkalan adalah sebuah kabupaten di Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur, Bangkalan ini terletak di ujung paling barat Pulau Madura dengan berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Sampang di timur serta Selat Madura di selatan dan barat.
 
Di bangkalan ini mempunyai makanan khas, makanan khas yang tekenal di nusantara salah satunya Sate madura,soto madura,rujak madura. pernahkah anda mencicipinya?

Pusat Makanan Rakyat Bangkalan – Seperti halnya di tempat lain, Madura pun memiliki sebuah tempat pusat jajanan yang selalu menjadi tujuan dan daya tarik bagi setiap wisatawan yang datang. Pusat makanan rakyat atau yang lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama “PUMARA” ini merupakan pusatnya para pedagang kaki lima untuk menjual berbagai macam masakan khas Madura.

Lokasi Dan Transportasi

Bukanlah hal yang sulit untuk mencari letak pusat makanan rakyat Bangkalan ini karena lokasinya yang berada tepat di tengah kota Bangkalan, persisnya terletak di dekat alun-alun Kota. Karena lokasinya yang strategis maka tidak pula sulit untuk mencari transportasi umum yang menuju kesini.

Anda bisa naik angkot yang banyak tersedia di Kota, ongkosnya pun tidak begitu mahal, hanya dengan membayar Rp 3.000*) anda sudah bisa tiba di lokasi pusat makanan rakyat Bangkalan ini. Alternatif lain anda bisa naik ojek, untuk ongkosnya akan ditentukan dari jauhnya jarak yang di tempuh, jadi anda dapat tawar-menawar harga terlebih dahulu sebelum naik ojek tersebut.

Jika anda berencana untuk berkeliling ke tempat wisata lainnya dahulu sebelum berwisata kuliner di PUMARA maka pilihan yang baik adalah dengan menyewa kendaraan, apalagi jika anda datang berombongan, tentunya tidak ingin direpotkan dengan masalah transportasi bukan ?. Di Kota Bangkalan banyak tersedia jasa penyewaan mobil yang bisa anda gunakan.

Harga sewanya bermacam-macam, tergantung dari jenis mobil yang akan anda sewa. Rata-rata jenis mobilnya seperti APV, Avanza, Xenia dan Innova. Tarifnya dimulai dari harga Rp 500.000*) – Rp 600.000*) per harinya dengan waktu pemakaian selama 12 jam. Harga tersebut biasanya sudah termasuk dengan sopir dan bahan bakar untuk dalam Kota, jadi anda tidak perlu bingung lagi mencari rute jalan karena sopir yang membawa mobil sudah sangat paham dengan jalur yang akan dilewati menuju lokasi wisata.

Wisata

Pusat makanan rakyat di Bangkalan merupakan tempat semua pedagang kaki lima menjajahkan masakannya. Saking banyaknya anda pun akan menemukan beberapa pedagang yang berjualan di atas trotoar sekitar PUMARA. Jadi dapat anda bayangkan sendiri bagaimana keramaian yang ada disana.

Apalagi keberadaannya yang sangat strategis, membuat pengunjung banyak yang datang. Tidak hanya masyarakat sekitar bahkan wisatawan yang berkunjung ke Madura pun sering kali menyempatkan diri untuk berwisata kuliner disini.

Ada banyak jenis makanan dan minuman yang dijual di PUMARA, dapat dikatakan makanan disini sangat lengkap dan komplit. Anda dapat memilih menu yang diinginkan seperti misalnya nasi goreng, gado-gado, ayam goreng, soto dan sate ayam khas Madura yang sudah sangat terkenal itu. Beberapa jajanan pun turut dihidangkan seperti martabak, roti, kue, tahu isi dan beberapa jenis jajanan lainnya.

Untuk masalah harganya anda tidak perlu khawatir karena harga yang ada di PUMARA ini rata-rata sangat bersaing dan masih cukup terjangkau oleh masyarakat. Seperti misalnya untuk harga seporsi capcay, anda cukup membayarnya dengan harga Rp 9.000*). Cukup terjangkau bukan ?

Yang lebih menyenangkan adalah disini disediakan tempat bagi anda yang ingin menyantap makanan saat itu juga. Tidak perlu khawatir soal kenyamanan karena anda dapat duduk bersantai disini sambil menikmati hidangan. Jika butuh tambahan lainnya, anda tinggal memanggil penjualnya maka mereka pun akan datang menghampiri.

Bagi anda yang membawa kendaraan pun tidak perlu khawatir karena disini disediakan pula lahan parkir yang dikelola dengan sangat baik, dijamin kendaraan anda akan aman serta tidak akan pusing dengan kemacetan saat hendak pulangnya nanti. Pusat makanan rakyat di Bangkalan ini akan mulai ramai saat menjelang sore sampai tengah malam sekitar pukul 03.00 WIB. Sedangkan jika pagi hari tempat ini akan terlihat sepi, hanya ada beberapa pedagang yang hanya menjual snack dan minuman ringan.

Keberadaan pusat makanan rakyat ini sangat membantu bagi setiap wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas Madura. Jika anda ingin mencicipi berbagai masakan khas Madura yang ada maka anda tidak perlu lagi berkeliling untuk mencarinya karena semua sudah berada di satu lokasi yaitu di PUMARA.

Tips
1. Bawa dan jagalah barang anda, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Sebaiknya datanglah kesini saat menjelang malam karena pada jam tersebut warung-warung baru saja buka sehingga menu makanan yang disajikan masih banyak dan hangat.

3. Sempatkan diri anda untuk mencicipi masakan khas Madura dan jangan lupa untuk membeli beberapa jajanan sebagai oleh-oleh di rumah nantinya.

4. Jika anda membawa kendaraan pribadi sebaiknya beri kunci tambahan. Walaupun sudah ada lahan parkirnya namun tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga.

Berwisata kuliner merupakan liburan sekaligus hobi yang menyenangkan. Apalagi jika kita sudah mencicipi masakan tradisional khas daerah setempat. Jika anda berencana ingin berlibur ke Madura maka pastikan PUMARA ini masuk dalam destinasi wajib yang harus anda kunjungi.

Setelah seharian berkeliling ke tempat wisata lainnya kemudian di akhiri dengan makan bersama di tempat ini tentunya akan menjadi hal yang sangat menyenangkan sekaligus memuaskan. Selamat berwisata!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

(Visited 247 times, 1 visits today)

Your email address will not be published. Required fields are marked *