Woww ,, Di Sumenep Ada Wisata Pakaian

Sumenep adalah nama salah satu Kabupaten diujung paling timur Pulau Madura, yang konon katanya merupakan Kadipaten berpangaruh atas lahirnya Kerajaan Majapahit dahulu. Berdirinya Kabupaten ini tak luput dari peran tokoh zaman kerajaan yang bijaksana dan pintar yakni “Arya Wiraraja”.

Bila Anda berkunjung ke salah satu sumber air di Desa Kaduara Timur, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan melihat banyak pakaian dalam pria maupun wanita yang digantung di pohon bambu.

Pakaian dalam, semisal CD dan BH tersebut sengaja dibuang oleh pemiliknya sebagai “tumbal” setelah melakukan ritual dengan cara mandi di sumber tersebut.

Para pengunjung tidak semuanya melaksanakan ritual mandi. Hanya bagi mereka yang menderita penyakit kulit yang sudah bertahun-tahun tidak kunjung sembuh.

Dengan cara mandi di sumber air yang terasa bau belerang menyengat itu, diyakini penyakit kulit yang diderita akan sembuh atas ijin Allah.

Tidak hanya cukup mandi. Mereka juga membuang pakaian dalam dengan cara digantungkan di pohon bambu tak jauh dari lokasi sumber.

Ritual ini sudah menjadi kepercayaan turun-temurun jika penyakit kulit yang diderita ingin sembuh total. Bahkan, diantara mereka ada yang membawa airnya untuk mandi di rumah.

Lokasi sumber ini tidak sulit dijangkau, karena ada dipinggir jalan provinsi, tepatnya di perbatasan Kabupaten Sumenep-Pamekasan. (Hartono)

(Visited 224 times, 1 visits today)

Your email address will not be published. Required fields are marked *