pusat oleh-oleh dan cinderamata khas Sumenep

Asal usul Nama dan Berdirinya Kabupaten Sumenep
Sumenep adalah nama salah satu Kabupaten diujung paling timur Pulau Madura, yang konon katanya merupakan Kadipaten berpangaruh atas lahirnya Kerajaan Majapahit dahulu. Berdirinya Kabupaten ini tak luput dari peran tokoh zaman kerajaan yang bijaksana dan pintar yakni “Arya Wiraraja”.
Dalam tulisan kali ini, Warta Giligenting mencoba mengingatkan akan sejarah Sumenep dilihat dari asal usul nama “Sumenep”.
Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur telah meresmikan pusat oleh-oleh dan cinderamata khas Sumenep, Senin (19/1/2015).

Ada 141 macam produk kerajinan yang disajikan, baik daratan maupun yang berasal dari kepulauan.

Lokasinya ada di pusat kota Sumenep, tepatnya di Gedung Ki Hajar Dewantara Sumenep, Jalan Trunojoyo, nomor 141.

“Untuk sementara, gedung ini (Ki Hajar Dewantara, red) kita gunakan untuk pusat oleh-oleh khas Sumenep,” terang Bupati Sumenep A Busyro Karim.

Ia berjanji, pada tahun 2015 akan membangun gedung lain yang lebih layak sebagai pusat oleh-oleh. “Produk lokal Sumenep itu sudah banyak dan sudah bagus untuk dijual kepasaran. Makanya, sekecil apapun kita harus memulai,” katanya.

Pada pembukaan pusat oleh-oleh yang diberi nama “Wiraraja” ditandai dengan penggguntingan rangkaian melati oleh Ketua TP PKK Sumenep Nurfitriana Busyro Karim.

Ada 141 macam produk yang disajikan, semisal kain batik, kaos, camelan, minuman legen tanpa pengawet, buah-buahan dan aksesoris serta kerajinan produk unggulan lainnya

 

(Visited 982 times, 1 visits today)

Your email address will not be published. Required fields are marked *