Keindahan Pulau Giligenting Di Kab. Sumenep

foto Ian Paperline

Karena walaupun giligenting hanya merupakan kepulauan kecil namun masyarakatnya aman, tentram, dan sejahtera, walaupun sebagian masyarakatnya harus merantau ke kota untuk membuka usaha disana demi membangun kehidupan yang lebih baik. Terbukti dengan bangunan bangunan atau rumah rumah penduduk yang sudah permanen, sedangkan dulunya hanya rumah rumah bambu, atau dalam istilah bahasa madura giligenting roma tabing. 
Di ujung timur Pulau Giligenting, tepatnya di Desa Gedugan, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terdapat pantai yang masih belum tersentuh tangan-tangan jahil manusia. Indahnya panorama alam yang asri dan menyenangkan serta keunikannya, terletak di pucuk bukit.

Sebuah pantai dengan kekhasan dan keunikannya di alam bebas sangat menjanjikan untuk dinikmati siapapun yang berkunjung ketempat itu. Pengunjung akan disuguhi dengan bebatuan yang unik di bibir pantai, hamparan pasir yang putih dan kesejukan alamnya serta terdapat kuburan zaman penjajahan belanda, sehingga menarik pengunjung  untuk berfoto ria, melepas kepenatan dari aktifitas sehari-hari.

Pengunjung juga akan diajak keliling pantai menaiki perahu menikmati alunan arus ombak yang bersahabat sambil lalu memancing bagi penghobi mancing. Untuk sampai di pucuk Pantai Kahuripan, pengunjung akan melalui jalanan yang di penuhi dengan pepohonan di kanan kiri, sehingga tidak akan terasa panas dalam perjalanan serta mudahnya akses menuju pantai.

Bagi anda yang ingin berlibur untuk menikmati keindahan alam Pantai Kahuripan, dapat ditempuh dari Pelabuhan Tanjung, Saronggi, Sumenep. Dari pelabuhan rakyat ini akan dibawa oleh perahu layar motor dengan jarak tempuh 45 menit dalam kondisi cuaca normal.(Rahman/htn

(Visited 568 times, 1 visits today)

Your email address will not be published. Required fields are marked *