Aneka Makanan Khas Madura Yang Perlu Anda Coba !!!

Judul Artikel : Makanan Khas Madura

1. Soto Madura
 
Masakan Khas Sumenep Madura Paling Enak dan Wajib di Coba
 
Soto madura ini sangat beda sekali dengan soto jawa atau soto yang biasanya, kenapa? Ciri khasnya terletak pada kuah. Kuah pada soto biasa lainnya biasanya memakai santan. Tapi soto madura daerah sumenep kuahnya tidak memakai santan, tapi kuah yang lumayan jernih menurutku. Bukan hanya itu semua bahannya untuk soto ini haruslah digoreng dulu, bukan bahan mentah atau godokan. Lebih lengkapnya sih proporsi soto ini berupa lontong atau ketupat yang sudah dipotong lalu ditaburi bawang goreng, brambang goreng, cambah goreng, kentang goreng, bawang pri goreng, lalu ditambah kuah kaldu jernih yang bercampur daging ayam atau sapi. Soto ini biasanya dimakan dengan pelengkap kecap manis, sambal, dan jeruk nipis. Hmm yummy. Orang-orang madura suka memasak soto ini ketika merayakan hari raya ketupat atau idul adha. Tapi kalau keluargaku sih buatnya waktu hari raya idul fitri. Hehe. Enaknya gak kalah kog sama soto yang lainnya. 
 
2. Kaldu Daging
 
Masakan Khas Sumenep Madura Paling Enak dan Wajib di Coba
 
Kaldu sumenep juga lain dari kaldu-kaldu lainnya karena bahan dasarnya adalah kacang hijau. Unik khan? Iya kacang hijau ini yang biasa dibuat bubur kacang hijau di jawa, di madura penduduk setempat mengolahnya menjadi kaldu yang dicampur dengan daging. Uh enak banget tahuuu. Pasti ketagihan deh. Apalagi dagingnya itu kalau dirasain kaya steak yang di WSS tapi udah diirisin kecil-kecil. Anehnya aku yang gak suka makan kacang hijau seperti bubur atau isinya onde-onde, ternyata aku suka yang namanya kaldu ini. Lebih enak lagi kalau dimakan hangat-hangat, campur kecap, korket (gorengan singkong olahan madura) sama sambel. 
 
Masakan Khas Sumenep Madura Paling Enak dan Wajib di Coba
 
3. Apen Manis
 
Masakan Khas Sumenep Madura Paling Enak dan Wajib di Coba
 
Apen manis ini bentuknya ya seperti apen biasanya tapi penyajiannya disini berbeda. Apen madura ini disajikan dengan taburan gula aren putih cair yang kental. Apen ini kalau kalian ingin mencoba memakannya bisa mampir ke warung pinggir jalan yang ada di desa parsanga harganya murah banget beberapa bulan yang lalu sepiring kira-kira hanya 2000 isinya 5. Bisa buat pengganjal perut deh. Totemo oishii yo.
 
4. Rujak Madura
 
Masakan Khas Sumenep Madura Paling Enak dan Wajib di Coba
 
Rujak ini tidak bau seperti rujak cingur yang ada di jawa. Entah kenapa aku paling gak suka makanan-makanan yang baunya menyengat sekali seperti rujak cingur jawa, dan duren. Rujak madura rahasianya terletak pada petis. Orang madura tidak memakai petis hitam yang digunakan oleh orang jawa. Mereka membuat petis sendiri dari ikan atau udang. Yah namanya aja madura pulau kecil yang dikelilingi laut, tentu saja banyak bahan yang dapat dikelola menjadi sebuah olahan ikan seperti petis, terasi, ataupun garam. Bumbunya untuk membuat rujak madura juga simpel dan mudah yaitu petis satu-dua sendok, gula, garam, kacang goreng, cabe kecil, cuka diulek menjadi satu hingga tercampur rata. Setelahh itu jadi deh tinggal kita campur sama bahan-bahan yang kita suka seperti lontong, sayur, telor. Warnanya sih hampir mirip dengan bumbu pecel tapi rasanya beda bangetlah. Wajib dicoba deh.. baru kamu bisa komentar disini. Pokoknya enakan ini daripada rujak jawa menurutku. hehe
 
5. Sate Madura
 
Masakan Khas Sumenep Madura Paling Enak dan Wajib di Coba
 
Yang namanya sate asalnya dari madura. Ya jelas saja enak, beda dari daerah-daerah lain yang biasanya namanya aja madura. Sate madura itu cenderung tebel dagingnya, luarnya keras, tapi dalamnya lembut banget. Mantaaap, enak dan mudah dikunyah.
 
 
Sumber : Dari Berbagai Sumber
 
(Visited 393 times, 1 visits today)

Your email address will not be published. Required fields are marked *