Pulau Tonduk Dikenal Sebagai Pulau Putri

Di sebelah pulau Raas Sumenep , terdapat sebuah pulau bernama pulau tonduk yang masih merupakan bagian dari kecamatan Raas kabupaten Sumenep . Kebanyakan warga menyebut pulau tonduk ini, dengan pulau putri. Hal ini terjadi karena sebagian besar penghuni pulau adalah kaum wanita. Dari 5 ribu penduduk pulau ini bermata pencarian sebagai nelayan yang mencari teripang hingga berbulan-bulan.

Alhasil, sehari-hari yang terlihat di pulau ini adalah para kaum perempuan. Seperti tak mau kalah dengan kaum pria yang bekerja, kaum wanita di pulau ini juga bekerja. Ada yang membuat manik-manik, dan sebagian lagi membuat kapur dari batu.

Khalifah, salah satu warga pulau putri mengaku saat ini suaminya berlayar ke bangka belitung mencari teripang sejak 3 bulan lalu. Dan suaminya baru akan datang 2 bulan kemudian.  Untuk membiayai hidup selama ditinggal suami, Khalifah mengaku membuat manik atau kadang juga ikut dengan tetangganya membuat kapur dari batu.

Warga pulau tonduk kecamatan Raas Sumenep Madura, menyisakan kisah perjuangan para kaum wanita yang sabar menunggu suaminya pulang melaut hingga hitungan bulan, dan rela bersama hanya satu bulan, untuk melepas keberangkatan suami kembali melaut.

(Visited 227 times, 1 visits today)

Your email address will not be published. Required fields are marked *