Kebiasaan Masyarakat Madura Menjelang Lebaran

artikel tentang: Kebiasaan Masyarakat Madura Menjelang Lebaran

judul artikel: Tradisi Petolekoran, Ribuan Warga Pulau Gili Ketapang Berbelanja Lebaran

 

 

Madura selalu mempunyai tradisi yang sangat melekat dalam masyarakatnya, salah satunya tradisi menjelang lebaran. Ribuan warga pulau Gili Ketapang kabupaten Probolinggo, Jawa Timur serentak meninggalkan pulau mereka menuju pusat kota untuk berbelanja kebutuhan hari raya Idul Fitri. Kebiasaan berbelanja ribuan warga pulau Gili ini dikenal dengan tradisi Petolekoran atau hari ke 27 pada bulan Ramadhan.

Di hari ke 27 bulan Ramadhan kalender Hijriyah, ribuan warga pulau Gili Ketapang meninggalkan pulau mereka menggunakan sedikitnya 50 perahu penumpang menuju pusat kota Probolinggo untuk memenuhi hasrat berbelanja kebutuhan hari raya Idul Fitri.

Kebiasaan berbelanja secara serentak menjelang lebaran warga nelayan ini dikenal dengan tradisi Petolekoran. Nama tersebut diambil dari waktu pelaksanaannya yang dilakukan setiap tanggal 27 Ramadhan atau Petolekor dalam bahasa Madura.

Berbelanja besar-besaran warga pulau Gili Ketapang tersebut berlangsung sejak pagi hingga hingga sore hari. Hampir semua penduduk pulau yang dikenal dengan hamparan pasir putih itu menuju sejumlah area pertokoan dan swalayan di pusat kota.

Kegiatan belanja kebutuhan lebaran ribuan warga ini bisa  ditemui setiap tahunnya di kota Probolinggo. Mengingat tradisi tersebut telah berlangsung sejak lama, dilakukan secara turun temurun oleh penduduk pulau Gili Ketapang.

Your email address will not be published. Required fields are marked *