Pasar Tanjung Bumi Cerminan Masyarakat Madura

artikel tentang: Pasar Tanjung Bumi Cerminan Masyarakat Madura

judul artikel: Pasar Tanjungbumi, Cermin Kehidupan Masyarakat Madura

 

 

Banyak berbagai macam budaya dan seni yang dapat ditemui di Pulau Madura, salah satunya di pasaran, yang banyak penjual dan pembeli yang sedang berinteraksi satu sama lain.

Jika ingin menyelami kehidupan masyarakat di tempat kita berwisata, cara paling mudah adalah pergi ke pasar tradisionalnya. Interaksi dan beberapa jualan yang ada di situ dapat menjadi cermin kehidupan masyarakat sekitar. Tak jarang kita menemukan barang-barang yang langka.

Bagi Anda yang sedang berwisata di Madura, bolehlah mampir ke Pasar Tanjungbumi, Pamekasan, Madura. Meski terkadang di luar tampak lengang, aktivitas tetap berdenyut di dalam pasar. Letaknya yang di pinggir pantai membuat mereka yang suka masakan olahan laut seperti memperoleh harta karun. Hasil tangkapan nelayan membanjiri pasar ini di pagi hari.

Salah satu produk yang menarik di pasar ini adalah sabun tradisional Madura. Mereknya “Babon”. Meski di dekat pasar ada tiga toko swalayan besar berjejer, namun dijamin Anda tak akan menemukan sabun itu. Buku Bedah Pasar Suramaduma menyebutkan bahwa khasiat sabun ini bagi orang kebanyakan sangat banyak. Sementara jika dipakai untuk orang meninggal akan membawa aura enak dipandang.

Pasar Tanjungbumi juga menyediakan aneka batik khas Madura. Bahkan di beberapa rumah sekitar pasar kita dapat melihat proses membatiknya. Jangan ragu untuk menawar. Yang penting membeli dengan santai, seolah-olah tak butuh.

Produk lain yang dapat Anda temukan di pasar ini adalah produk-produk kewanitaan dan pendongkrak performa seks yang sudah melegenda. Jamu sari rapet, jamu empot-empot, jamu tongkat madura, dan bahkan ada jamu untuk sapi.

Nikmati pula kuliner khas Madura di Pasar Tanjungbumi.

Your email address will not be published. Required fields are marked *