Jajanan Khas Pulau Madura

artikel tentang: Jajanan Khas Pulau Madura

judul artikel: Jajan Nikmat Kuliner Madura

 

 

Wisata kuliner memang tiada habisnya untuk di bicarakan, apalagi yang menyangkut wisata kuliner khas nusantara.

Ahay, ini dia hal yang paling gw suka setiap kali traveling di Nusantara. Yak, jajan kuliner ;)

Kali ini kuliner khas dari Pulau Madura, aduuh udah ga diragukan lagi deh salah satu kuliner yang paling maknyuusss di Nusantara ini yah kuliner khas Madura.

Pemda di daerah Pamekasan telah menyiapkan beberapa ruas jalan di Pulau Madura untuk wisata kuliner. Di antaranya adalah Jalan Trunojoyo, Jalan Naga dan Jalan Dirgahayu. Lokasi wisata kuliner ini ga jauh kok dari pusat kota, rata – rata 8 – 10 menit jalan kaki dari alun – alun.Nah berikut beberapa kuliner khas Madura yang sempet gw cobain di sana :

1. Bubur Madura
Nah kuliner ini yang pertama kali bikin gw kaget. Awalnya gw kira bubur Madura adalah bubur kacang hijau seperti umumnya di Jakarta, tapi ternyata bubur Madura di sini adalah bubur sumsum dan ketan hitam. Penyajiannya disiram dengan santan kental. Bubur Madura ini banyak di Pasar Koljung, tapi harus pagi – pagi yah :)
2. Soto Sumenep
Soto ini disajikan dengana lontong dan singkong, dagingnya adalah daging sapi beserta ususnya. Kalau mau nyobain, bisa datang ke Jalan Trunojoyo.
3. Rujak Patemon
Mirip – mirip ama rujak cingur nih, tapi ditambah rumput laut. Rasanya gurih dan pedas. Yang bikin unik, bumbunya di ulek di atas ulekan yang besaaaaaar banget. Kalau Travelholic penasara, rujak Patemon ini ada di Jalan Trunojoyo, sebelah – sebelahan ama Soto Sumenep.
4.Sate Lalat
Tenang bukan lalat yang disate, tapi daging sapi yang dipotong kecil seukuran lalat. Sate lalat ini bisa ditemui di Jalan Niaga. Oh yah satu porsi isinya bisa sampai 40 tusuk. Banyak nyaaa :D
5. Kaldu Kokot
Beuhh, namanya aja udah strange banget :p
Kaldu Kokot ini perpaduan antara singkong yang digoreng, lontong dengan kuah yang terbuat dari kacang ijo plus ditambah bawang goreng yang banyak. Kaldu Kokot ini bisa di jumpai di daerah Kalianget.
6. Lorjuk
Lorjuk ini adalah sejenis kerang yang rasanya manis dan menjadi snack khas Madura. Banyak terdapat di Jalan  Niaga dan Jalan Trunojoyo.
7. Apen Lopes
Bentuknya mirip dengan serabi, tapi rasanya sedikit berbeda karena Apen tidak menggunakan kelapa muda. Kuahnya pun menggunakan gula merah yang ditambahkan jahe dan sedikit kayu manis. Sayangnya di Pulau Madura sendiri penjual Apen sangat sedikit. Menurut para penjual Apen, diperlukan keahlian khusus dalam pembuatan Apen dan itu hanya dimiliki oleh para penjual Apen. Para penjual Apen dapat ditemukan di daerah Parsanga.
8. Nasi Petis Madura
Adalah nasi putih dengan lauk telur petis, empal dan paru goreng, semur daging sapi serta sambal. Duh nikmat abis! Warung nasi petis yang paling tenar warung Amboina. Sudah ada sejak jaman dulu katanya, terletak di pinggir alun-alun kota Bangkalan. Oh yah, karena warung ini terkenal banget maka siap – siap antri yah kalau mau makan di sini :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *