Pariwisata Khas Pamekasan

artikel tentang: Pariwisata Khas Pamekasan

judul artikel: Potensi Pariwisata Kabupaten Pamekasan

 

 

Madura mempunyai 4 kabupaten, dari Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Setiap kabupaten pasti mempunyai ciri-cirinya masing-masing, termasuk kabupaten Pamekasan.

Kabupaten Pamekasan memiliki rona wisata keindahan alam dan wisata budaya yang mampu menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Potensi obyek wisata yang menarik dan bervariasi yang ditawarkan kepada investor, karena untuk pariwisata Pamekasan saat ini sebatas promosi investasi untuk kegiatan pengembangan terdiri dari wisata alam, wisata pantourtai, wisata budaya, wisata religi dan wisata penunjang. Obyek-obyek wisata tersebut merupakan asset yang sangat potensial dengan Keragaman corak budaya masyarakat untuk dikembangkan Menjadi Sumber Pendapatan Daerah.

Selain itu, keragaman corak budaya masyarakat juga perlu dipelihara karena merupakan salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Pamekasan.

WISATA ALAM
Beberapa obyek wisata alam unggulan di Kabupaten Pamekasan adalah: Api Tak Kunjung Padam yang terletak di Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan, kirakira 4 km dari pusat Kota dengan kondisi jalan yang cukup baik; Goa Batu Bintang; Lembah Sembir di Desa Blaban Kecamatan Batumarmar; dan Panorama Alam Pakong di Desa Bincorong Kecamatan Pakong.

WISATA PANTAI
Madura, terutama Pamekasan, adalah daerah pesisir yang memiliki 2 wilayah pesisir di bagian utara dan bagian selatan, yang terdapat 3 tempat wisata pantai, yaitu Jumiang, Talang Siring dan Pantai Batu Kerbuy.

WISATA SEJARAH
Obyek wisata sejarah andalan yaitu Monumen Arek Lancor yang menjadi icon Kabupaten Pamekasan dan Museum Umum yang mengukir sejarah Kota Pamekasan.

WISATA RELIGI
Wisata ini menjadi adalan bagi kepariwisataan Pamekasan, dilihat dari data kunjungan wisata, wisata inilah yang setiap harinya banyak dikunjungi. Di Kabupaten Pamekasan ada 4 tempat yang bisa dikunjungi, yaitu: Pasarean Batu Ampar, Vihara ALOKITESVARA, Situs Pangeran RONGGOSUKOWATI dan Masjid Agung ASYSYUHADA’.

WISATA SENI BUDAYA
Terdapat banyak obyek Wisata Seni Budaya di Kabupaten Pamekasan, antara lain: Kerapan Sapi, Sape Sono’, Pagelaran Semalam Di MADURA dan Ritual Petik Laut.

SENI TARI TRADISIONAL
Banyak ragam seni tari yang menarik untuk disaksikan yang ditemukan di Pamekasan, antara lain: Tari Topeng Getak, Tari Rhondhing, Tari Praban, Tari Dhangga’ dan Tari Tayub (Nayub).

Bukan hanya ini saja masih banyak tari-tari kreasi lainnya seperti Tari Batik, Tari Praben Ceccel dan lain sebagainya. Hanya disayangkan saat ini banyak event atau acara-acara yang sudah tidak melestarikan dan mengguakan tari tradisonal sebagai pembuka acara. Hal ini harus diperhatikan dan dilestarikan sehingga sanggar-sanggar tari yang ada semakin berkembang dan lebih kreatif lagi karena dengan begitu secara otomatis merupakan bentuk apresiasi serta penghargaan bagi seniman Madura pada khususnya

MUSIK TRADISIONAL
Disamping seni tari, wisatawan juga dapat mendengarkan alunan musik tradisional yang eksotik, seperti: Seni music tradisional Madura dan Seni Musik Ul – Daul.

WISATA KULINER

MASAKAN KHAS KABUPATEN PAMEKASAN (MADURA)
Pamekasan memiliki wisata kuliner yang disebut “SAE SALERA”. Lokasinya di sepanjang Jl. Niaga dan buka pada jam 4 sore sampai jam 12 malam. Disini dapat dijumpai berbagai jenis makanan yang dijajakan baik makanan tradisional maupun makanan jalanan yang umum dijumpai, sehingga pengunjung dapat memilih sesuai selera masing- masing, antara lain: Nase’Jhajhan, Nasi Jagung, Campur Lorju’, Kaldu Kikil,Rujak Madura, Sate Lalat, Sate Madura dan Gule, dan Soto Madura.

KUDAPAN/CEMILAN KHAS KABUPATEN PAMEKASAN (MADURA)
Berbagai jenis kudapan tradisional juga banyak dijumpai di Pamekasan, yaitu: Keripik Tette, Keripik Tanggu’ (Keripik raksasa), Keripik Paru, Kacang Lorju’ dan Kacang Otok. Banyak penjual/toko pusat oleh-oleh khas Pamekasan seperti di “Camilan Madura” di Jl. Niaga, “Chalista” di Jl. Raya Panglegur dan masih banyak lagi yang tersebar di pusat kota Pamekasan.

POTENSI WISATA UNTUK DIKEMBANGKAN

KAMPUNG BATIK SEBAGAI WISATA ALTERNATIF
Lokasi Kampoeng Batik berada pada kawasan Three In One yaitu Agro Wisata Organik, Wisata Religi Batuampar dan Kampoeng Batik, tepatnya di Desa Klampar Kecamatan Proppo. Memang di Desa Klampar batik merupakan Tradisi dan mata pencaharian masyarakat secara turun temurun didukung lokasi yang masih bernuansa pedesaan.

LEMBAH SEMBIR
Obyek wisata Lembah Sembir bisa dikatakan Green Canyon yang ada di Kota Pamekasan terletak di perbatasan antara Kabupaten Pamekasan dengan Kabupaten Sampang, atau lebih jelasanya berada di Desa Blaban Kecamatan Batumarmar. Nama Green Canyon dikenalkan oleh wisatawan dari Perancis karena warna air sungai yang kehijauan.

PANORAMA ALAM PAKONG
Selain obyek wisata alam, baik wisata pantai, lembah, dan lainnya, di Kabupaten Pamekasan juga terdapat potensi lainnya, yaitu berupa keindahan panorama alam yang berada di Desa Bicorong Kecamatan Pakong. Panorama alam ini berupa pemandangan hamparan perbukitan, pemukiman penduduk, lading dengan topografi yang bergelombang, baik berupa perbukitan, lembah dan hamparan lahan yang luas sehingga pandangan lepas ke arah bawah dengan kesejukan udara yang masih alami, mengingat lokasi Pakong berada di wilayah yang lebih tinggi

AGROWISATA
Desa Klampar Kecamatan Proppo memiliki struktur tanah dan iklim yang cocok untuk tanaman jagung manis, cabe rawit, terong, bunga rosella dan berbagai sayuran, buah-buahan serta tanaman jenis lainnya.

PANTAI JUMIANG
Pantai Jumiang terletak di Desa Tanjung Kecamatan Pademawu berjarak kurang lebih 12 Km arah tenggara dari Kota Pamekasan dengan kondisi jalan aspal yang cukup baik dan dapat dicapai dengan semua jenis kendaraan darat.Berpasir putih dengan deburan ombak dan di arah Timur terlihat bukit yang bertebingtebing menambah eksotiknya pantai ini. Berbagai jenis kerangkerangan masihbanyak ditemui, namun pantai ini memang belum apik dikelola masih butuh investasi dengan banyaknya potensi yang dapat digali, misalnya berbagai jenis permainan air seperti jet ski, banana boat, sea diving, dsb.

(Visited 637 times, 1 visits today)

Your email address will not be published. Required fields are marked *